usaha berhasil

Rabu, 26 Desember 2012

Pentingnya Perencanaan Pembelajaran

Dalam mementaskan sebuah drama, pasti dibutuhkan skenario yang menjadi patokan para pemain untuk memerankan perannya. Apa jadinya jika sebuah drama diperankan tanpa berpatokan pada skenario? Mungkin cerita yang ingin disampaikan tidak akan sampai ke penonton. Begitu pula dengan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM). Jika diibaratkan, Kegiatan Belajar Mengajar hampirlah sama dengan pementasan drama, dimana sama-sama membutuhkan skenario. Skenario dalam Kegiatan Belajar Mengajar diwujudkan dalam sebuah Perencanaan Pembelajaran.
Perencaan Pembelajaran merupakan seperangkat alat yang digunakan guru untuk merencanakan kegiatan pembelajaran. Perencanaan Pembelajaran ini meliputi antara lain Program Tahunan (PROTA), Program Semester(PROMES), Silabus, dan Rencana Pelaksaan Pembelajaran (RPP). Dalam pembuatannya pun terdapat kronologinya, yaitu dimulai dari pembuatan Program Tahunan yang merupakan rencana penetapan alokasi waktu satu tahun. Disusul Program Semester yang berupa rincian program kegiatan yang harus dicapai dalam periode waktu satu semester. Setelah Program Semester dibuat, maka selanjutnya adalah membuat Silabus atau penjabaran standar kompetensi dan kompetensi dasar ke dalam materi pokok/pembelajaran, dan yang terakhir adalah pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang merupakan perkiraan atau proyeksi mengenai tindakan apa yang akan dilakukan pada saat melaksanakan kegiatan pembelajaran.
Adapun manfaat dari Perencanaan Pembelajaran, antara lain :
a.    Sebagai petunjuk arah kegiatan dalam mencapai tujuan.
b.  Sebagai pola dasar dalam mengatur tugas dan wewenang bagi setiap unsur yang terlibat dalam kegiatan.
c.    Sebagai pedoman kerja bagi setiap unsur, baik unsur guru maupun unsur murid.
d.  Sebagai alat ukur efektif tidaknya suatu pekerjaan, sehingga setiap saat diketahui ketepatan dan kelambatan kerja.
e.    Untuk bahan penyusunan data agar terjadi keseimbangan kerja.
f.     Untuk menghemat waktu, tenaga, alat-alat dan biaya.
Jadi, Perencanaan Pembelajaran sangatlah penting dalam Kegiatan Belajar Mengajar. Oleh karena itu setiap guru perlu  membuat Perencanaan Pembelajaran yang sedemikian rupa  agar pelaksaan pembelajaran dapat berjalan dengan lancar sehingga dapat mencapai Tujuan Intruksional Umum (TIU) dan Tujuan Intruksional Khusus (TIK) pembelajaran itu sendiri.

Bookmark and Share

3 komentar:

ojo lali komen'e yo...