usaha berhasil

Rabu, 26 Desember 2012

Silabus dan Langkah Penyusunannya


Silabus adalah rencana pembelajaran pada suatu dan/atau kelompok mata pelajaran/tema tertentu yang mencakup standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pokok/pembelajaran, indikator, penilaian, alokasi waktu, dan sumber/bahan/alat belajar.
Silabus merupakan penjabaran standar kompetensi dan kompetensi dasar ke dalam materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Silabus bermanfaat sebagai pedoman pengembangan pembelajaran lebih lanjut, mulai dari perencanaan, pengelolaan kegiatan pembelajaran dan pengembangan penilaian. Prinsip pengembangan silabus adalah: ilmiah, relevan, sistematis, konsisten, memadai, aktual dan kontekstual, fleksibel, dan menyeluruh.
Komponen adalah bagian yang merupakan syarat untuk terbentuknya sesuatu yang utuh sebagai sistem. Silabus yang juga merupakan sistem membutuhkan komponen sebagai syarat terbentuknya.
Komponen silabus adalah:
1) Identifikasi                          5) Pengalaman Belajar       9) Sumber/Bahan/Alat
2) Standar Kompetensi            6) Indikator
3) Kompetensi Dasar               7) Penilaian
4) Materi Pokok                       8) Alokasi Waktu

Langkah-langkah menyusun silabus:
1) Mengisi Kolom Identifikasi,
2) Mengkaji dan Menentukan Standar Kompetensi,
3) Mengkaji dan Menentukan Kompetensi Dasar,
4) Merumuskan Indikator,
5) Mengidentifikasi Materi Pokok,
6) Mengembangkan Pengalaman Belajar,
7) Menentukan Jenis Penilaian,
8) Menentukan Alokasi Waktu,
9) Menentukan Sumber Belajar / bahan / alat.

Sumber  yang digunakan berupa buku-buku rujukan dan referensi. Sedangkan yang dimaksud bahan dan alat adalah bahan-bahan dan alat-alat yang diperlukan dalam praktikum atau dalam proses belajar mengajar.
Untuk keperluan pembuatan silabus, sebenarnya harus melalui tahapan sebelumnya. Tahapan tersebut adalah: membuat program tahunan (prota), program semester (promes), dan kemudian baru membuat silabus.

Bookmark and Share

0 komentar:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g:
:h: :i: :j: :k: :l: :m: :n: :o: :p: :q:

Posting Komentar

ojo lali komen'e yo...